Jumat, 01 Juli 2016

Rumah Adat di Makassar

Sempatkan datang ke Museum Balla Lompoa dan Tamalate saat ke Makassar. Tak hanya isinya saja yang menarik, tapi bangunannya juga!

Museum Balla Lompoa dan Tamalate dulunya merupakan Istana Kerajaan Gowa yang berdiri sekitar tahun 1300-an. Keduanya berbentuk rumah panggung yang seluruhnya terbuat dari kayu ulin atau kayu besi dan dikelilingi tembok tinggi.

Balla Lompoa dalam bahasa Makassar rumah besar atau rumah kebesaran. Istana tersebut masih berdiri kokoh meskipun telah berusia ratusan tahun karena memang dirawat dengan baik. Terlihat dari bangunan yang masih bagus dan bersih.

Sedangkan Istana Tamalate sendiri merupakan replika dari istana yang asli. Dibangun pada saat Syahrul Yasin Limpo menjadi Bupati Gowa tahun 1980-an yang dibuat sesuai dengan bahan dan ukuran Istana Tamalate yang asli berdasarkan sejumlah naskah Makassar kuno yang menceritakan tentang Istana Tamalate. Di mana disebutkan bahwa Istana Tamalate yang asli pertama kali didirikan di Bukit Takabassia yang kemudian berubah nama menjadi Tamalate.

Antara Istana Balla Lompoa dan Tamalate ini dihubungkan dengan sebuah tangga yang tingginya kurang lebih 2 meter. Bagian depan bangunan adalah teras, lalu masuk ke ruang utama, dan ruang-ruang lainnya seperti kamar tidur yang pernah digunakan oleh raja.

Di bagian bawah rumah panggung juga dapat kita temui beberapa kereta yang dipajang. Beberapa tulisan mengenai istana ini juga dapat kita temukan. Banyak pula wisatawan asing yang berkunjung ke istana bersejarah ini.

Saat ini kedua istana tersebut difungsikan sebagai museum yang dipergunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah Kerajaan Gowa. Seperti mahkota, senjata, payung raja, pakaian, bendera kebesaran dan lain-lain.

Museum ini terletak di Sungguminasa, Gowa. Tidak begitu jauh dari pusat Kota Makassar, cukup sekitar 30 menit perjalanan saja. Dapat dijangkau dengan mudah dengan taksi maupun angkutan kota, bisa juga dengan bus Damri. Bila ingin berkunjung ke sini, perhatikan juga jam buka museum ini yaitu  hari Senin-Kamis 08.00-16.00 dan Jumat 08.00-11.00.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Angin Laut Selatan. Powered by Angin Laut Selatan